Microwave adalah alat praktis untuk memasak atau hanya makan yang hangat. Hanya dengan menekan sebuah tombol, makanan Anda siap untuk makan. Jika Anda baru saja membeli microwave atau berniat untuk membeli, ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan sebelum menggunakan.

Tips Baru Pertama Kalinya Menggunakan Microwave Untuk Anda

Tips Untuk Anda Baru Pertama Kalinya Menggunakan Microwave
Tips Untuk Anda Baru Pertama Kalinya Menggunakan Microwave

Apa sih yang perlu diperhatikan. Simak tips berikut sebelum membeli microwave.

1. Hindari Radiasi dari Microwave

Jika Anda beroperasi microwave, Anda tidak perlu menunggu di depannya sampai makanan dimasak. Justru jika dilakukan, maka akan membahayakan kesehatan Anda.

Radiasi yang dipancarkan dari microwave dapat menyebabkan katarak, kerusakan lensa mata, kemandulan sementara pada pria (jika pinggul ke bawah yang terkena radiasi).

2. Do Panaskan susu dengan Microwave

Anda tidak perlu menempatkan susu di microwave. produk susu untuk anak-anak yang dipanaskan oleh microwave cenderung mengurangi nutrisi susu. Susu dipanaskan dengan microwave menimbulkan bakteri E-Coli 18 kali lebih dari dipanaskan dalam beberapa cara lain.

3. Jangan Hangatkan Makanan Terlalu Lama

Jika Anda berniat untuk memanaskan makan siang atau sarapan di microwave, jangan biarkan terlalu lama. permukaan makanan dapat hangus dan nutrisi kalah. Hal ini tidak mungkin itu benar-benar memicu percikan api yang berbahaya.

4. Jangan menggunakan wadah yang terbuat dari plastik atau logam

Tidak semua plastik dapat menahan suhu tinggi dalam microwave. Beberapa dari mereka bahkan meleleh atau melepaskan bahan kimia berbahaya yang terkandung dalam makanan.

Pilih bahan yang mengatakan ‘microwave aman’, meskipun hal-hal tidak semua wadah diberi label benar-benar panas microwafe tahan. Anda juga dapat menggunakan wadah kaca, tetapi harus berhati-hati karena panas. Jangan menggunakan wadah logam karena potensi untuk menyebabkan percikan api.

5. Jangan memasak sayuran klorofil di microwafe

Kami merekomendasikan bahwa Anda tidak memasak sup atau tumis sayuran seperti bayam, kale, dan brokoli menggunakan microwave. Pasalnya, nutrisi yang terkandung dalam sayuran akan hilang. Microwave mengurangi sekitar 11% dari nutrisi brokoli. Sangat disayangkan bukan?

6. Jangan Lupakan Sampul atau pembungkus makanan harus dipanaskan

Tidak ketinggalan. Penutup makanan untuk dimasukkan ke dalam microwave jika Anda tidak ingin makanan jadi berantakan, terutama ketika dipanaskan dalam microwave pekat sesuatu.

7. Jangan Gunakan Aluminium Foil

Umumnya, orang akan membungkus makanan dengan aluminium foil. Sedangkan menggunakan wrapper ini cukup berbahaya. Aluminium foil dapat memicu munculnya percikan api. Harus ya lebih berhati-hati.

8. Jangan Masukkan Daging Beku Langsung ke Microwave

Jika Anda memanaskan daging beku langsung ke microwave, bakteri akan menyebar dan meracuni calon makanan.

9. Mengoperasikan Microwave Kosong

Jangan pernah mencoba untuk mengoperasikan microwave jika sama sekali tidak ada makanan apapun di dalamnya. Ini akan membuat microwave rusak, bahkan lebih buruk mampu membakar.

10. Selalu Bersih Microwave

Selalu bersih microwave setelah digunakan. Cara yang paling efektif adalah dengan menyeka bagian dalam menggunakan kain basah, lalu keringkan dengan menyalakan microwave selama 30 detik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *